Bagaimana Teknologi Akan Mempengaruhi Masa Depan Desain Tekstil?

Teknologi Akan Mempengaruhi Masa Depan – Ini adalah era kemajuan teknologi yang konstan dan konsisten. Dengan pengaruh media sosial pada industri fashion, klien dikondisikan untuk menginginkan akses langsung terhadap tren baru yang muncul di peragaan busana. Generasi muda saat ini menginginkan produk yang dapat disesuaikan dengan minat dan permintaannya. Pakaian yang diproduksi secara massal sepertinya kehilangan daya tariknya.

Memperkenalkan beberapa teknologi terobosan untuk memenuhi persyaratan baru ini dapat memberikan dampak yang signifikan pada industri desain tekstil. Di bawah ini kami membahas enam kemajuan yang dapat mempengaruhi masa depan desain tekstil.

Blockchain

Lacak dan lacak serta manajemen inventaris dapat digunakan untuk melacak pakaian dan rantai pasokan secara efisien. Menghubungkan produk ke identitas digital mereka di blockchain menciptakan koneksi fisik. Blockchain menyediakan stempel kriptografi atau nomor seri yang berfungsi sebagai pengenal fisik, yang dihubungkan kembali ke ‘salinan digital’ dari produk tertentu.

Blockchain banyak digunakan sebagai sistem pencatatan bitcoin dan mata uang digital. Sebuah ‘blok’ dalam blockchain terdiri dari sepotong data digital yang menyimpan informasi tentang suatu transaksi – tanggal transaksi, waktu, jumlah dan siapa yang berpartisipasi dalam transaksi tersebut. Selain itu, setiap blok berisi kode hash unik yang berfungsi untuk mengidentifikasinya dari blok lain.

Baca juga: 4 Daftar Cara Menciptakan Gaya Pribadi dalam Berpenampilan

Blockchain memiliki cakupan yang luar biasa sebagai alat dalam rantai pasokan untuk meningkatkan visibilitas, ketertelusuran, dan efisiensi. Ini menghubungkan semua anggotanya, mulai dari operator dan bank hingga perantara dan pemasok, untuk memfasilitasi pertukaran informasi, dokumen dan data.

Realitas maya

Pelanggan akan lebih cenderung bertahan jika mereka dapat melihat sendiri produk tersebut sebelum melakukan pembelian. Yang lebih menggiurkan bagi klien adalah kemampuan untuk membagikannya di media sosial.

Salah satu penggunaan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang paling menarik adalah menggabungkan dunia ritel nyata dan online. Salah satu penggunaan VR yang paling umum dalam bisnis mode dan desain tekstil adalah memungkinkan klien mencoba ansambel dalam realitas virtual. Fitur pengukuran khusus dan teknologi AR digunakan untuk meningkatkan akurasi alat ini. Akibatnya, pelanggan juga lebih cenderung membeli barang yang mereka yakini telah mereka coba.

Merek dapat menggunakan teknologi 3D fit, yang didukung oleh AR, untuk mengedit desain mereka secara real-time dan melihat hasilnya secara instan. Jika siluet dan kecocokannya diperiksa lebih awal pada tahap pembuatan, hal ini dapat meningkatkan kualitas desain secara keseluruhan. Hasilnya, kesalahan pada sampel akhir lebih sedikit dan limbah lebih sedikit.

Teknologi AR/VR telah secara signifikan mengurangi proses yang mahal dan memakan waktu dalam menemukan alat yang tepat. Mereka telah mendemonstrasikan bagaimana elemen desain dasar, seperti sketsa datar dan pola teknis, dapat diubah menjadi rendering 3D yang dapat direplikasi. Hasilnya, pengguna dapat melakukan perubahan secara real-time pada pemotongan dan pemasangan, seperti melonggarkan pemasangan.

Bisnis fashion online dapat menggunakan teknologi ini untuk menggambarkan secara virtual ukuran produknya sehingga konsumen dapat menemukan pakaian yang tepat untuk dibeli. Pelanggan dapat menggunakan widget sederhana untuk mengukur potensi pembelian mereka dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Perdagangan seluler

Dengan munculnya eCommerce dan media sosial, perusahaan dapat hadir di saluran pilihan pelanggan mereka dengan solusi perdagangan digital yang terintegrasi penuh. Hasilnya, mereka lebih terlihat dan memiliki lebih banyak peluang untuk mencapai kesepakatan.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh semakin mudahnya kita menggunakan ponsel untuk berbelanja online. Alasan lainnya adalah penggunaan teknologi baru seperti sidik jari dan pengenalan wajah serta dompet digital, yang siap menjadi metode pembayaran utama untuk pembelian ritel.

Teknologi seluler terbukti semakin berkembang dari hari ke hari. Perdagangan seluler mencakup segalanya mulai dari pembelian dari Instagram hingga dompet pintar. Ini adalah salah satu kategori dengan pertumbuhan tercepat di eCommerce, dengan dampak nyata pada kehidupan sehari-hari. Perdagangan seluler diperkirakan mencakup 45% dari total sektor eCommerce AS pada tahun 2021.

Perangkat lunak analisis data

Perangkat lunak manajemen seperti IQMS adalah salah satu contoh perangkat lunak analisis data. Data produksi dapat dilacak dan dikumpulkan secara real-time menggunakan perangkat lunak ERP, alat yang umum di industri manufaktur. Beberapa pilihan baru untuk kerja kolaboratif juga terbuka seiring dengan berkembangnya komputasi awan, seperti kemampuan bagi pabrik dan perusahaan untuk bekerja secara kolaboratif dari seluruh dunia secara bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *